pada hari ini saya dan kawan kawan mengajari bapak bapak dan ibu ibu dari kodim klaten dengan dibantu mbah suro, kami mengajari tentang cara membuat documen dengan libreoffice dan melampirkannya ke email dalam format doc, langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
pertama tama kita hanya perlu masuk ke libre office writer. Buka Menu >> Office >> LibreOffice Writer jika tampilannya sudah seperti dibawah ini maka anda sudah masuk ke LibreOffice Writer.
dengan apliklasi LibreOffice Writer ini kita dapat membuat document dan surat, apliklasi ini fungsinya sama dengan Microsoft Office Word di windows
- Untuk menentukan style font
- Memilih nama dan jenis tulisan
- Menentukan ukuran huruf / tulisan
- Menggunakan huruf bercetak tebal
- Menggunakan huruf bercetak miring
- Menggunakan huruf bergaris dibahwahnya
- Menjadikan paragraf rata di sebelah kiri
- Membuat paragraf tepat ditengah tengah
- Menjadikan paragraf rata di kanan
- Menjadikan paragraf rata kiri dan kanannya
- Menambahkan nomor secara otomatis
- Menambahkan bullet secara otomatis
- Menggeser kata ke sebelah kiri
- Menggeser kata ke sebelah kanan
- Mengubah warna tulisan
- Menambahkan warna pada tulisan
- Mengganti warna bacground tulisan
- Membuat file baru
- Membuka file yang sudah ada
- Menggubah documen menjadi format ,pdf
- Mengeprint documen
- Menampilkan documensebelum di Print
- Membuat tabel
cara menyimpannya adalah dengan cara klik File >> Save, dan apabila ingin menyimpannya di directory lain (digandakan) klik File >> Save As..
kemudian mengirimkannya lewat email caranya kita masuk ke browser,..
kemudian masuk ke www.gmail.com setelah itu login ke akun anda,...
apabila sudah login sekarang klik TULIS pada kotak yang berwarna merah,..
jika sudah masuk ke kotak dialog seperti diatas untuk melampirkan file klik saja icon yang mirik jepitan
setelah itu cari documen yang akan kita lampirkan jika sudah lalu open dan kirim pesan dengan cara meng klik "kirim"
selesai ^_^
0 komentar:
Posting Komentar